Fitts law - Apa itu?
Fitts Law adalah sebuah dasar dalam memprediksi kebiasaan user pada sistem interaktif, dengan memahami kebiasaan mereka maka kita akan berada pada satu langkah lebih depan untuk memandu user melakukan tindakan tersebut. Teori ini di publikasikan oleh seorang psikologis bernama Paul Fitts, dimana ia melihat pola bahwa saat seseorang menunjuk dan tapping pada sebuah target, bisa diprediksi dan dilakukan perhitungan matematis,
Hal yang paling dasar adalah bahwa, “Semakin besar dan semakin dekat sebuah objek, maka akan lebih mudah bagi kita untuk meraihnya“. Contoh nya adalah sebuah aplikasi pada website, dengan memperbesar posisi button add to chart dan meletakkanya pada menu yang berdekatan dengan produknya dapat meningkatkan penjualan hingga 34%.
Fitts sendiri mengatakan bahwa waktu yang diperlukan untuk mendapatkan sebuah target ditentukan oleh ukuran dan jarak dari target tersebut. Target disini bisa sebagai button/field yang dimana perlu user untuk melakukan sebuah tindakan. Jarak user terhadap target ada di mana posisi user saat memulainya, pada interface jarak memulai ini bisa dimana posisi terakhir pointer mouse, dan ukuran target yang besar akan memperkecil usaha user untuk mencapainya, sedangkan saat target nya kecil dan posisi nya jauh dari lokasi user, akan butuh usaha yang lebih agar user bisa mencapai nya.
Formula Fitts' Law
Rumus dalam Fitts' Law dinyatakan sbb:
T = k log2 (D / S + 1.0)
Dimana
T = waktu untuk memindahkan pointer ke targetD = jarak antara pointer dan targetS = Ukuran targetk adalah konstanta sekitar 200 ms / bit
--o0o--
Artikel terkait:
- Pengertian Pengujian A/B (A/B Testing)
- KLM - Model Prediktif Untuk Evaluasi Sistem Interaktif
- GOMS - Model Prediktif Untuk Evaluasi Pada Sistem Interaktif
- Pengujian Alpha dan Beta dalam Pengembangan Software Aplikasi
- Pengujian White-box vs Black-box dalam Software Engineering
- Contoh Pengujian Beban pada Aplikasi Web
Comments
Post a Comment