Skip to main content

Posts

Pengertian Game Online - Keuntungan vs Kelemahannya

Istilah atau definisi game online mengacu pada game multiplayer dimana mesin atau perangkat masing-masing pemain atau player terhubung melalui jaringan. Definisi ini berarti kebalikan dari game multiplayer lokal (non-jaringan) dimana semua pemain atau player bermain pada satu mesin atau perangkat dan melihat ke layar yang sama. Definisi ini juga tidak mengikutkan/memasukkan game-game yang didistribusikan melalui internet tetapi tidak memiliki gameplay multiplayer, seperti Bejeweled. Gameplay adalah interaksi pemain dengan game, dengan kata lain gameplay terdiri dari tantangan-tantangan yang harus dihadapi pemain pada game dan aksi-aksi yang dilakukan pemain untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Tetapi game-game yang dimainkan melalui LAN (local area network), masuk ke dalam definisi game online.  Game online memiliki keuntungan dan kelemahan (plus dan minus) baik bagi pemain maupun bagi desainer game. Beberapa fitur game online yang memberi keuntungan baik bagi pemain...

10 Elemen Yang Mendefinisikan Media Massa Menurut Potter

Ada 10 elemen yang terkategori ke dalam tiga karakter tentang media massa yang coba didefinisikan oleh Potter, yaitu: Karakteristik pengirim pesan/informasi: adalah organisasi atau institusi yang kompleks, bukan individu menggunakan praktik standar untuk memproduksi dan menyebarkan pesan/informasi secara massal  memiliki kesadaran/tahu tentang audiens-nya yang niche/ tertentu dan secara aktif mempromosikan dirinya sendiri untuk menarik perhatian sebanyak mungkin anggota audiens-nya mengkondisikan anggota audiens-nya untuk exposure/kembali membuka berulang yang rutin

Pengertian Konvergensi Media

Kultur Konvergensi Jika kita senang untuk mendengarkan musik, perangkat media mana yang akan kita pilih? Mungkin saja kita akan menyalakan radio dan mendengarkan acara lokal favorit kita. Mungkin juga kita akan membuka iTunes dan mendengarkan koleksi musik pribadi kita. Atau, jika kita ingin kejutan dengan playlist, mungkin kita bisa membuka aplikasi Pandora di perangkat seluler kita dan membiarkan aplikasi tersebut untuk menentukan playlist. Sulit untuk kembali mengingat saat ketika kita tidak memiliki begitu banyak pilihan tersebut. Pilihan perangkat media kita tergantung pada sejumlah faktor, termasuk akses, kemampuan, dan koneksi. Itu juga bisa tergantung pada hal lain apa yang ingin kita lakukan secara bersamaan. Mungkin kita sedang mengerjakan sebuah paper dan sehingga laptop kita tetap terbuka. Meskipun kita mungkin tidak membeli laptop dengan tujuan untuk menggunakannya sebagai pemutar musik, tetapi ini adalah salah satu fungsi yang asyik dari perangkat kita. Cara-cara d...

Pengertian dan Perbedaan Komunikasi Difusi vs Partisipasi

Saat ini, sebagian besar komunikasi untuk intervensi pengembangan (Communication for Development) berada diantara dua teori konseptual yang kontinuum, yaitu: difusi dan partisipasi . Model difusi didasarkan pada teori inovasi difusi dari Rogers dan merupakan inti dari pendekatan modernisasi pada 1950-an dan 1960-an. Di sini, perubahan perilaku dicapai dengan mendidik individu. Dengan memberikan pengetahuan, individu mulai mengalami pergeseran dalam sikap, yang kemudian mempengaruhi cara mereka bertindak. Jenis campaign ini umumnya dilakukan melalui media massa. Model partisipasi lebih membumi, dengan mengasumsikan bahwa perubahan perilaku adalah proses horizontal dan bukan proses vertikal. Model ini menekankan pentingnya dialog komunitas untuk pemberdayaan. Dengan menggunakan pendekatan partisipatif pada desain media, seseorang lebih mampu mencapai dan mendengar suara-suara dari populasi audiens yang ditargetkan dan sulit dijangkau.

Pengertian Kecerdasan Kolektif

Teori Partisipatif bertujuan untuk melibatkan sebanyak mungkin audiens untuk ikut berpartisipasi, tidak hanya secara individual, tetapi secara kolektif. Melalui teori partisipatif ini komunikasi berjalan bukan secara vertical / top-down (satu arah), melainkan secara horizontal (dua arah). Ketika satu orang saja yang menyampaikan informasi maka pesan yang disampaikan hanya berdasarkan cara pandang si penyampai pesan saja, sedangkan jika dua orang atau lebih saling berinteraksi, berdiskusi dan saling berpartisipasi maka informasinya menjadi lebih kaya. Semakin banyak orang yang terlibat dalam penyelesaian suatu masalah, maka semakin baik hasil yang bisa dicapai karena setiap individu saling bersaing dan berkolaborasi sehingga pengambilan keputusannya pun menjadi lebih obyektif. Inilah yang dimaksudkan dengan Kecerdasan Kolektif (atau Collective Intelligence) . Setiap individu yang terlibat membentuk jaringan komunitas dimana setiap individu didalamnya memiliki informasi, informasi ter...

Pengertian Komunikasi untuk Pengembangan

Komunikasi untuk Pengembangan (atau Communication for Development ) mengacu pada penerapan strategi dan prinsip-prinsip komunikasi di negara berkembang menuju demokrasi politik, meningkatnya tingkat produktivitas dan industrialisasi, tingkat melek huruf yang tinggi, dan harapan hidup yang lebih panjang. Secara khusus, inisiatif ini mempromosikan pertumbuhan politik, ekonomi dan pendidikan. Ada empat fungsi dari Komunikasi untuk Pengembangan : Memfasilitasi akses terhadap informasi Menstimulasi partisipasi masyarakat Memberdayakan orang Mempengaruhi kebijakan publik

Membuat Pesan di Media Sosial Yang Optimal

Tanpa memandang jenis proses komunikasi, apakah itu komunikasi antara dua orang teman, komunikasi di depan ratusan orang secara publik, atau tweet 140 karakter, dan sebaigainya, semakin baik pesan yang bisa dikirimkan dalam proses diseminasi, semakin efektif pesan tersebut diterima. Berdasarkan aspek tersebut, pandangan terhadap kajian komunikasi yang lebih inklusif muncul dan hal ini menjadikan para pembuat strategi komunikasi di media sosial menyusun rencana aksi mereka dalam membuat pesan melalui media sosial. Ada tiga langkah dalam memaksimalkan komunikasi antara pengirim dan penerima pesan media sosial? Pastikan kita tidak hanya menciptakan pesan media sosial berdasarkan tujuan dan sasaran kita sendiri. Melainkan menaruh perhatian pada problem konsumen. Contoh kasus bisa dibaca dari kasus Warby Parker [Bagaimana Men-"DISRUPT" Bisnis Melalui Media Sosial dan Strategi Yang Inovatif] . Warby Parker berhasil dengan baik mendefinisikan berbagai masalah yang dihadap o...