Dampak Management Support Systems Bagi Perusahaan - Seri Management Support Systems (9)

Bagaimana tentang unit-unit organisasi yang baru yang terbentuk yang disebabkan oleh Management Support System (MSS)? 
Satu perubahan dalam struktur organisasi merupakan kesempatan untuk pembentukan departemen yang mendukung manajemen; departemen BI (Business Intelligence), departemen AI (Artificial Intelligence), atau departemen KM (Knowledge Management) yang di dalamnya MSS menjalankan peran penting. Unit khusus ini dapat digabungkan dengan atau digantikan dengan unit analisis kuantitatif, atau dapat juga berupa entitas yang benar-benar baru.

Bagaimana hubungan Management Support System (MSS) dengan perubahan dalam budaya organisasi? 
Budaya organisasi dapat mempengaruhi tingkat penyebaran teknologi dan sebaliknya budaya organisasi dapat juga dipengaruhi oleh teknologi. Selain itu tim/kelompok virtual dapat bertemu kapan saja dan dimana saja. Orang-orang dapat bergabung dalam tim virtual ini sepanjang proyek berlangsung atau kapanpun keahlian/kepakaran mereka diperlukan. Ketika proyek selesai, tim ini dapat dibubarkan. Aplikasi Automated Decision Support (ADS) dapat memberdayakan karyawan garis depan yang ada di tingkat bawah dan memberikan mereka otonomi. Ini dapat mengurangi ukuran/besarnya organisasi dan mengubah budaya organisasi. 

Bagaimana Management Support System (MSS) dapat mempengaruhi restrukturisasi proses bisnis? 
Ketika sebuah perusahaan memperkenalkan Management Support System (MSS) seperti data warehouse dan Business Intelligence (BI), arus informasi dan hal-hal yang terkait proses bisnis (contoh: melayani/pemenuhan order) berubah karena aliran informasi berubah. Contoh: sebelum IBM memperkenalkan e-procurement , e-procurement merestrukturisasi semua yang berhubungan dengan proses bisnis termasuk pengambilan keputusan, pencarian inventaris, reordering, dan pengiriman/shipping.

Apakah dampak dari adanya sistem automated decision support (ADS)?
Aplikasi Automated decision support (ADS) dapat memberdayakan karyawan garis depan yang berada di tingkat bawah dan memberinya otonomi. Hal ini dapat mengurangi ukuran/ besarnya organisasi dan mengubah budaya organisasi.

Link-link terkait tanya jawab Seri Implementasi BI/MSS - Integrasi dan Trend Yang Baru Muncul:

No comments:

Post a Comment