Dunia Maya - Seri Management Support Systems (3)

Apakah yang dimaksud dengan  dunia maya atau virtual worlds?
Virtual worlds (dunia maya) adalah dunia buatan sistem komputer dimana user memiliki kesan terbenam berada di dalamnya. Tujuan dibuatnya virtual world adalah untuk mendapatkan perasaan telepresence dan partisipasi dari jarak yang jauh.  .

Apa saja keuntungan dan kerugian menyediakan pendukung keputusan (decision support) melalui dunia maya (virtual worlds)?
Keuntungan-keuntungannya yaitu:
  • Akses yang mudah dan biaya yang rendah .
  • Desainer dan pengembang yang berpengalaman dan berdedikasi 
  • Impression management dan peningkatan kreativitas 
  • Penghematan waktu
Kerugiannya adalah:
  • Waktu belajar dan biaya training.
  • Banyak gangguan.
  • Pranksters (orang-orang yang iseng dan berolok-olok) dan spam menjadi hal biasa.
  • Masalah teknologi tetap ada.
Apa saja kegiatan fisik pameran dagang atau tradeshow yang dapat dilakukan secara virtual? Kegiatan mana yang tidak dapat direplikasi? 
Teknologi dunia virtual bisa jadi berguna dalam mereplikasi pengalaman partisipasi tradeshow dengan mengorganisasi event-event virtual yang dapat memperluas jangkauan event dalam memasukkan lebih banyak pengunjung dan peserta pameran. Tradeshow virtual memiliki komponen lainnya seperti  Web conference, kumpulan Web seminars, atau presentasi pendidikan lainnya. Pengunjung mengisi formulir registrasi online untuk online badge sebelum memasuki arena pameran virtual untuk melihat/ mengunjungi stand/booth tradeshow yang dilengkapi dengan meja dan pajangan/displays yang mudah ditemukan. Mekanisme pelacakan yang detil memungkinkan penyelenggara merekam dan menganalisa  aliran lalu lintas pengunjung dalam tradeshow virtual. Virtual tradeshows dapat bertindak sebagai international tradeshows, business matchmakers, procurement fairs, dan product launches. Pengalaman keberhasilan tersebut juga berlaku untuk aplikasi lainnya seperti virtual job fairs, virtual benefits fairs, online employee networks, distributor fairs, and venture capital fairs. Lihat gambar ilustrasi berikut:

Link-link terkait tanya jawab Seri Implementasi BI/MSS - Integrasi dan Trend Yang Baru Muncul:

No comments:

Post a Comment