Jejaring Sosial Online - Seri Management Support Systems (6)

Apa yang dimaksud dengan jejaring sosial (social network)?
Jejaring sosial atau social network adalah sebuah tempat dimana orang-orang menciptakan ruangnya sendiri, atau homepage, yang didalamnya mereka menulis blogs (Web logs); memasang foto-foto, video-video; berbagi ide dan berhubungan denganlokasi Web yang lain yang menarik untuk mereka.  

Apa saja situs jejaring sosial (social network) yang besar? 
MySpace dan Facebook, Twitter, Wikipedia dan YouTube.

Apa yang dimaksud dengan sifat global jejaring sosial (global nature of social networks)?
Jawabannya ada bermacam-macam. Ada yang menyatakan bahwa global nature berhubungan dengan adopsi besar-besaran akan social networking. Situs-situs yang menunjukkan sebuah evolusi dalam interaksi sosial manusia tanpa menghiraukan lokasi atau menuju ke semua lokasi.  

Apa yang dimaksud dengan jejaring sosial mobile (mobile social networking)?
Jejaring sosial mobile atau mobile social networking merupakan social networking dimana para anggotanya bercakap-cakap dan berhubungan satu dengan lainnya menggunakan handphone atau perangkat bergerak (mobile devices) lainnya. 

Banyak dari kesuksesan awal Facebook dikarenakan afiliasi jejaring para anggotanya. Bagaimana Facebook mengembangkan pasar baru tanpa kehilangan hal yang telah membuat situs itu terkenal dan mengasingkan user yang sudah ada? 
Facebook menyadari bahwa facebook hanya menerima user dari universitas selama 4 tahun. Pada tahun 2006 Facebook membuka pintunya untuk semua orang berusia 13 tahun ke atas yang memiliki alamat e-mail yang benar. Meluaskan anggota-anggotanya ke global audience telah memampukan Facebook berkompetisi langsung dengan MySpace. Sekarang ini, Facebook memiliki sejumlah aplikasi yang mendukung foto, grup, event, marketplace, memasang berita/ barang dan notes. Facebook juga punya aplikasi yang disebut “People You May Know (Orang-orang yang mungkin Anda kenal),” yang membantu user berhubungan dengan orang-orang yang mereka kenal. Masih ada banyak aplikasi lain lagi yang terus menerus ditambahkan secara konsisten.

Link-link terkait tanya jawab Seri Implementasi BI/MSS - Integrasi dan Trend Yang Baru Muncul:

No comments:

Post a Comment