Komunitas Maya - Seri Management Support Systems (5)

Apa yang dimaksud dengan  komunitas maya (virtual/Internet communities) dan bagaimana karateristik mereka?
Komunitas maya atau virtual (Internet) community adalah komunitas yang dalam interaksinya terjadi melalui jaringan komputer, utamanya di internet. Komunitas-komunitas virtual sejajar dengan komunitas fisik biasa seperti lingkungan tetangga, klub atau asosiasi, tetapi orang-orangnya tidak bertemu secara langsung. Mereka bertemu secara online. Komunitas virtual adalah juga jejaring sosial (social networks) yang diorganisir berdasarkan ketertarikan/minat, ide, tugas atau tujuan; para anggotanya berinteraksi melewati lintas waktu, lokasi geografis, dan batasan organisasi untuk membangun hubungan personal. Komunitas maya menawarkan beberapa cara kepada para anggotanya untuk berinteraksi, berkolaborasi dan berbisnis. Lihat gambar table dibawah adalah contoh beberapa kategori komunitas maya yang populer.

Apa saja jenis komunitas maya yang paling umum?
Yang paling umum adalah komunitas publik/umum dan privat. Sebagian besar jejaring sosial (social networks), termasuk MySpace dan Facebook termasuk dalam kategori publik. Beberapa jenis komunitas lainnya, yaitu komunitas yang menjalankan transaksi dan kegiatan bisnis, komunitas berbasis tujuan atau minat, relasi atau praktik, fantasi,  jejaring sosial, simulasi maya, games, dll. 

Apa perbedaan antara komunitas privat dan komunitas publik/umum? 
Komunitas dikatakan sebagai komunitas publik artinya keanggotaan mereka terbuka bagi siapa pun. Sedangkan komunitas privat sebaliknya.

Apa perbedaan antara komunitas privat internal dan komunitas privat eksternal?  
Komunitas privat internal berada dalam organisasi. Komunitas seperti itu antara lain termasuk para pekerja,  pensiunan, supplier dan pelanggan yang berbagi interest/minat yang sama. Fokus dari komunitas ini adalah berbagi pengetahuan, kolaborasi, pemetaan pakar/ahli dan penciptaan pengetahuan. Perusahaan seperti Pfizer, FedEx, Caterpillar, Wells Fargo, and IBM memiliki komunitas seperti itu.

No comments:

Post a Comment