Reality Mining - Seri Management Support Systems (2)

Apakah yang dimaksud dengan reality mining?
Reality mining adalah jenis data mining baru yang dibangun dengan ide bahwa dataset dari perangkat yang dikoneksikan dengan jaringan (yang mengirimkan informasi lokasinya) dapat menyediakan informasi real time terhadap keseluruhan trend aktivitas manusia. 

Data jenis apa saja yang digunakan dalam reality mining?
Data yang digunakan dari banyak perangkat yang digunakan oleh konsumen dan pengusaha yang terus-menerus mengirimkan informasi lokasi mereka. Mobil, bis, taxi, handphone, kamera, perangkat navigasi personal semua mengirimkan lokasi mereka. Terima kasih kepada teknologi pelacak lokasi yang terhubung dengan jaringan (network-connected positioning technologies) seperti GPS, WiFi, dan cell tower triangulation.

Bagaimana data digunakan untuk menciptakan profil pengguna (user)? 
Dengan cara menganalisa dan mempelajari dari pola pergerakan skala besar memungkinkan untuk mengidentifikasi golongan/jenis perilaku yang berbeda dalam konteks yang spesifik yang disebut “tribes” Macrosense adalah sebuah platform aplikasi yang dikembangkan oleh Sense Networks yang mengambil data yang sedang diproduksi oleh semua perangkat yang bergerak (mobile devices) dan setelah melakukan pembersihan data (data cleaning) berdasarkan waktu dan tempat, menerapkan proprietary clustering algorithms  pada dataset yang sangat besar untuk mengklasifikasikan aliran data yang masuk sebagai pola berbagai jenis pelanggan/klien/dll. Pendekatan ini memungkinkan bisnis untuk lebih memahami pola pelanggan, dan juga untuk membuat keputusan yang lebih transparan tentang promosi, harga, dan sebagainya.

Link-link terkait tanya jawab Seri Implementasi BI/MSS - Integrasi dan Trend Yang Baru Muncul:

No comments:

Post a Comment