Komputasi Awan dan Business Intelligence - Seri Management Support Systems (7)

Apa yang dimaksud dengan komputasi awan (cloud computing)? Bagaimana kaitan komputasi awan (cloud computing) dengan Platform as a Service (PaaS), Software as a service (SaaS), dan Infrastructure as a Service (IaaS)?
Komputasi awan atau cloud computing menawarkan kemungkinan penggunaan software, hardware, platform, dan infrastruktur, semuanya berdasarkan layanan berlangganan (service-subscription). Komputasi awan (cloud computing) memungkinkan investasi secara dinamis yang bisa diubah-ubah skala investasinya di sisi pengguna. Jadi besarnya investasi tergantung pada jumlah atau skala penggunaan. Seperti PaaS, dll., komputasi awan (cloud-computing) menawarkan teknologi-teknologi terbaru ke berbagai perusahaan  tanpa investasi yang signifikan dimuka.
Di lain pihak, komputasi awan (cloud computing) merupakan nama baru untuk banyak trend yang sudah ada sebelumnya seperti: utility computing, application service provider grid computing, on-demand computing, software as a service (SaaS), dan bahkan komputasi tersentralisasi dengan terminal-terminal yang lebih kuno. Namun, komputasi awan (cloud computing) berasal dari Internet sebagai “awan/cloud” dan menggambarkan evolusi dari semua trend komputasi yang tersentralisasi yang sudah ada sebelumnya. 

Apa saja contoh-contoh perusahaan yang menawarkan layanan “awan/cloud”? 
Perusahaan yang menawarkan layanan seperti itu adalah 1010data, LogiXML, and Lucid Era. Perusahaan-perusahaan ini menawarkan feature extract, transform, dan load capabilities serta alat/perangkat analisis data yang maju. Perusahaan lainnya Elastra and Rightscale, menawarkan dashboard dan data management tools yang mengikuti model SaaS dan DaaS. Saat ini banyak sekali perusahaan di Industry Teknologi Informasi yang menawarkan layanan komputasi awan di berbagai negara.

Bagaimana komputasi awan (cloud computing) berpengaruh pada business intelligence (BI)?
Layanan BI (business intelligence) berbasis komputasi awan/cloud computing (Cloud-computing-based BI services) menawarkan pengaturan/ pengorganisasian teknologi-teknologi terbaru tanpa investasi penting di muka. 

No comments:

Post a Comment